Sunday, February 7, 2010

Manfaat wedang jahe untuk manula


MERAWAT orang tua yang sudah lanjut usia membutuhkan kesabaran, keberanian dan keterampilan khusus. Apalagi yang harus dirawat adalah seseorang yang mudah lelah atau mudah sakit dan rewel.
Kondisi kesehatan seperti ini membutuhkan ketenangan dan rileksasi. Apabila penderita sudah atau telah diterapi rehabilitasi, kebugaran dan rileksasi tetapi masih juga rewel, cobalah berikan minuman wedang jahe pala segelas satu jam sebelum tidur, selama 10 hari terus menerus.

Minuman ini bisa diracik sendiri dan mengandung zat penenang yang dapat menurunkan ketegangan saraf dan jaringan tubuh lainnya. Bahan ramuan yang diperlukan antara lain: 250 gr jahe segar, 1 biji buah pala yg sudah tua, kayu manis sepotong kecil, gula merah secukupnya, dan air 2 gelas.
Caranya: jahe, pala, dan kayu manis dibersihkan dan dipotong kecil-kecil lalu direbus dengan air sampai mendidih. Kemudian diangkat dan disaring serta tuangkan ke dalam gelas. Lalu masukkan gula merah dan aduk-aduk sampai rata.
Untuk menambah stamina bisa ditambahkan dua sendok madu murni. Wedang jahe pala berkhasiat menghangatkan badan, membantu menetralisir zat-zat asam susu yang terdapat dalam jaringan tubuh, serta menurunkan ketegangan saraf dan jaringan tubuh, sehingga orang menjadi ngantuk dan tidur dengan lelap.


No comments:

Post a Comment

Please comment,.....