Friday, February 19, 2010

Cegah Batuk Karena Polusi

Bicara soal udara, terutama dikota-kota besar. Jika daya tahan tubuh sedang turun, polusi udara ini bisa menjadi penyebab flu dan batuk. Tapi jangan khawatir, anda bisa melakukannya upaya pencegahannya dengan tips berikut :whew!
Pertama yaitu perkecil paparan polusi, sebisa mungkin jangan terlalu lama berada diluar ruang pada saat jam polusi. Kalu memang polusi tidak bisa dihindari, setidaknya anda bisa memperkecil paparannya. Caranya tergantung jenis dan sumber polusi. Jika sumber polusi adalah debu dan asap kendaraan bermotor dijalan raya, jangan malu untuk menutupi hidung dengan masker.
Jika anda berkendaraan dengan mobil, rawat selalu filter AC mobil anda sebab jika rusak, kemampuannya menyaring polutan juga akan turun atau bahkan hilang.
Sebisa mungkin selalu ambil jarak terhadap perokok, jangan lupa sediakan selalu saputangan bersih dan tisu. Jika kebetulan anda berada didekat seseorang yang batuk atau bersin-bersin tapi tidak menutupi mulut dan hidungnya, anda bisa memberikan tisu itu kepadanya.
Jika anda didalam ruangan ber-AC dan udara ruangan terasa terlalu kering, naikan kelembabannya sampai batas nyaman, sebab udara yang terlalu kering akan membuat saluran nafas mudah mengalami iritasi akibat polutan.
KUrang menggunakan bahan-bahan kimia yang tidak diperluakan terutama bahan-bahan semprot yang kita pakai sehari-hari. Meskipun tampaknya aman, penggunaan yang tidak tepat dari bahan-bahan ini bisa juga menjadi sumber polusi.
Kedua tingkatkan daya tahan tubuh, sekalipun kita terpapar polusi, tapi jika daya tahan tubuh cukup kuat, kita bisa tatap sehat. Untuk meningkatkan daya tahan tubuh, konsumsi makanan dengan gizi seimbang, olahraga teratur, istirahat yang cukup, dan hindari stres. Jika ada tanda-tanda batuk, jangan biarkan menjadi lebih parah, minum pereda batuk herbal yang aman.

No comments:

Post a Comment

Please comment,.....